Blog Post

MEEB Koffie Medan

Post Title

Beberapa minggu lalu saya dikasih 3 bungkus kopi oleh temen saya. Nama kopinya Meeb Koffie. Ini merk kopi yang baru saya denger hehe. Sebenarnya saya udah lama banget berhenti minum kopi paling sesekali kalau emang lagi kangen berat dan pengen nyobain.

Karena penasaran dan kebetulan hari ini saya dan Matt gak ngapa-ngapain marilah kita cobain kopi Meeb ini.

Untuk orang Indonesia minum kopi tentu bukan sesuatu yang aneh. Pagi, siang atau sore selalu minum kopi. Kalau di stasiun tempat si Matt penelitian bahkan biasanya anak-anak asisten punya istilah “morning-morning coffee black” artinya pagi-pagi minum kopi hitam hehe. Untuk saya dan Matt minum kopi hitam biasanya dipagi hari (saya sih udah jarang banget sekarang, ya) tanpa gula. Pahit tapi menggigit dan bikin sadar seketika hehe.

Rini dan Moses, dua orang temen saya yang lagi usaha kopi kemaren ngasih 3 kantong kopi Sumatera yaitu Mandailing, Sidikalang dan Gayo. Ini adalah 3 jenis kopi dari Sumatera yang cukup terkenal. Kopi Sumatera biasanya punya tekstur paling halus dan bercita rasa paling berat dan kompleks di antara beragam kopi di dunia. Sebagian besar kopi Sumatera diproses secara kering (dry-processed), tetapi sebagian lagi melalui proses pencucian ringan (semi-washed). Makanya kalau suka kopi dan ngakunya tukang ngopi harus nyobain kopi Sumatera. HARUS!

Meeb koffie khusus menjual kopi-kopi dari Sumatera. Mandailing, Sidikalang dan Gayo baik robusta dan arabica. Kopi yang mereka jual juga bisa di req ukurannya. Kalau misalnya selalu minum espreso kayak si Matt biasanya kita pakai ukuran 6. Kalau semisalnya suka bubuk dan selalu minum kopi tubruk, bisa, diorder yang powder aja. Pokoknya apapun kebiasaan minum kopi, MEEB bisa ngasih. Ok, ini sedikit cerita mengenai kopi-kopi yang mereka jual.

Kopi Gayo Aceh adalah kopi yang sudah terkenal di dunia dan memang memiliki cita rasa khas dan sudah diakui oleh seorang pakar uji cita rasa (cupper) kopi dunia, Christopher Davidson. Keberadaan kopi gayo juga tak lepas dari sejarah panjang penjajahan Belanda di Aceh bagian tengah pada awal abad ke 10. Pada tahun 1918 pemerintah Belanda menjadikan kopi gayo sebagai produk masa depan, hal ini seiring dengan tingginya minat pasar mancanegara terhadap keunikan cita rasa kopi gayo Aceh.

Kopi sidikalang sudah terkenal akan cita rasanya yang mantap, bahkan bukan hanya di dalam negeri tetapi sampai ke luar negeri. Salah satu pesaing kenikmatan kopi Sidikalang adalah kopi brazil, yaitu salah satu kopi terbaik di dunia. Sidikalang adalah ibu kota Kabupaten Dairi, terletak di daerah pegunungan nan sejuk. Menurut para ahli kopi, kekhasan Kopi Sidikalang didapat dari kombinasi hawa dingin dan jenis tanah di kawasan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Di Sumatera Utara terdapat tiga daerah penghasil kopi terbaik yaitu Lintongnihuta, Mandailing, dan Sidikalang.

Untuk yang penasaran dan pengen nyobain kopi Sumatera sekarang bukan hal yang sulit koq. Gampang banget. Kita gak perlu ke Sumatera, duduk manis aja dirumah trus telp atau sms deh. Rini dan Moses membuka toko online untuk Meeb koffie. Pemesanan bisa langsung menghubungi Rini di no 082177609173.

Ps : Bukan postingan berbayar loh hehe, cuman bantuin temen aja jualan.

Please click here for view source